Rubrik Ilmiah


Tata Surya


Bumi bulan,dan matahari berputar pada porosnya(rotasi)dan dalam tata surya,smua planet bersama dg satelitnya mengelilingi matahari dalam orbit yg berbentuk elips''inilah prinsip heliosentris yg tak asing lgi pada masa sekarang,nmun ada pula sebagian manusia yg blum mnerima teori trsebut,mrka masih meyakini prinsip geosentris (bumi sbg pusat alam semesta).
Di sini al-Qur'an &iptek yg akan menyanggah keraguan mereka yg msih berprnsip geosentris,
apollo VIII adlh pesawat antariksa pertama yg memasuki orbit bulan,mengantarkan tiga astronoutnya:Frank Borman,James Lovell,dan William Andres,mnjadi manusia pertama yg melihat bagian terdekat dan tersembunyi dari permukaan bulan,Rembulan,,benda langit terdekat dari bumi telah di kunjungi manusia pada tanggal 24 Desmbr 1968,inilah saat yg mnyentakkan umat manusia,pda tgl 27 Desember 1968,pesawat apollo VIII kembali selamat ke bumi membawa semua data-data mengenai bulan.
Rentang waktu 6 bulan sejak apollo VIII,di susul oleh apollo XI yg mmbawa Neil Amstrong,&Edwin Aldrin,mnjadi manusia pertama yg berjalan di permukaan bulan,pada tgl 21 juli 1969.
gaung eksplorasi ruang angkasa menyeruak ke seluruh pnjuru bumi,hngga mnjadi berita heboh bgi umat manusia.
hingga saat ini penelitian astronomi pun semakin maju dg meluncurkan satelit satelit canggih spt saat ini,hingga dapat di dpt mncetuskan teori2 dan temuan2 baru.
Ekspansi alam semesta(kosmos) di mulai sejak alam ini mulai terbentuk,namun baru pada abad ke 20 manusia baru menyadarikalau seluruh galaksi bergerak saling menjauhi satu sama lain,allah sang pencipta memang telah mnjadikan benda2 langit bekerja dalam gerakan kostan dan kontinyu.
memang alam semesta dan segal isinya itu bergerak secara serasi dan harmoni,galaksi,nebula,bintang,nova,planet,planetoid,satelit,asteroid,meteorid,meteor,komet,black hole,dan lainnya.Memandang fenomena ini dari Permukaan bumi,memang menyimpulkan prinsip geosentris,yg di populerkan oleh Ptolomeus (filosof Alexandria abad 2).Nmun sejak eksplorasi ruang angkasa,semakin membuka mata manusia dg kbenaran prinsip Heliosentris.
namun hal yg paling menakjubkan adlh,Al-Qur'an lebih dahulu mengisyaratkan hal itu,sebelu Galileo Galilei,mempertahankan prinnsip trsebut.
adalah wajar bagi kita untuk menyatakan dg pasti,bahwa sekarang ini adalah era semakin jelasnya kemu'jizatan al-Qur'an,sperti yg tlah di jelaskan allah dalam Qs:Fushilat 53.
bersambung..

1 komentar:

siswanto basya mengatakan...

dalam alqur'an jga banyak ayat2 yg mnerangkan tentang astronomi sblum para ahli astronomi mncetuskan temuan2 mreka.
berikut dalil2 Rotasi bumi &yg brkaitan tntang astronomi.
@.(Qs: al-anbiya':21)
@.(Qs: al-anbiya':33)
@.(Qs: yasiin:37 - 40)
@.(Qs: al-faatir :31)
@.(Qs: luqman :10)
@.(Qs: alhajj :65)